Thursday 30 July 2015

Klasifikasi Hutan Menurut Komposisi Jenis




Kompesisi jenis merupakan salah satu hal yang penting dalam menunjukan kenampakan umum dari suatu hutan. berdasarkan komposisi jenis ini, hutan dapat dibedakan antara hutan satu jenis dan hutan campuran dari berbagai jenis. Hutan satu jens disebut juga dengan hutan murni atau hutan homogen, yaitu hutan yang 90% dari bagian tajuk atasnya tersusun oleh satu jenis saja (Baker, 1950 dalam Simon, 1978). Berdasarkan pengertian yang ada maka hutan satu jenis bukan berarti didalamnya tidak dijumpai adanya jenis lain seperti tumbuhan bawah atau belukar.

Hutan murni bisa berasal dari hutan tanaman ataupun dari hutan permudaan alam. pada hutan tanaman kalau hanya ditanam satu jenis saja maka dapat menghasilkan hutan murni. Tetapi disini juga akan dijumpai jenis-jenis lain yang tumbuh secara alam diantara jenis-jenis yang ditanam itu. 

Klasifikasi hutan menurut jenis ini secara garis besar juga dapat dipisahkan antara hutan daun jarum atau hutan conifer dan hutan dun lebar. Hutan daun lebar lebih banyak kita jumpai di daerah tropika sedangkan hutan daun jarum banyak terdapat di daerah dingin.









No comments:

Post a Comment