Friday 31 July 2015

Tentang Lebah Madu Tak Bersengat ( TRIGONA SPP)



Madu adalah salah satu komoditas hasil hutan bukan kayu (HHBK), yang sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak lama. Madu yang dihasilkan oleh lebah madu merupakan suatu anugrah alam secara menakjubkan karena khasiat yang dimilikinya. Di Indonesia banyak terdapat jenis-jenis lebah madu.


Trigona spp adalah lebah madu tak bersengat yang mempunyai peranan penting selain sebagai penyerbuk untuk peningkatan produksi berbagai jenis tanaman, juga penghasil madu, perekat, roti lebah dan lilin lebah yang memiliki nilai ekonomi tinggi. jenis lebah ini juga mampu memproduksi propoli kurang lebih 3 kg per koloni per tahun. (Anonim, 2010) . propolis dari lebah ini mampu mensterilkan sarang, menhentikan pertumhan dan penyebaran bakteri, virus dan jamur.



Tempat bersarang merupakan salah satu faktor penting bagi pertumbuhan dan perkembangbiakan dan produksi lebah Trigona spp. tempat bersarang lebah tak bersengat ini yaitu didalam rongga-rongga batang atau cabang pohon yang masih hidup dan mati dan juga bersarang di Ruas bambu, celah-celah bingkai pintu, bingkai jendela, celah-celah batu dan dalam pipa-pipa.
Madu merupakan produk lebah yang dihasilkan oleh lebah strata pekerja dari bahan nektar tumbuhan, madu asli dari Trigona spp mempunyai rasa yakni asam manis

komposisi dari madu itu sendiri terdiri dari :






No comments:

Post a Comment